Perdagangan elektronik.
Perdangan Electronik.
Perdagangan melalui
jaringan elektronik sebagai penggunaan computer untuk memudahkan semua operasi
perusahaan. Keuangan berhubungan dengan pemegang saham dan pemilik serta
pelanggan perusahaan. Sumber daya manusia memiliki perhatian khusus pada
masyarakat global dan serikat buruh. Jasa informasi berhubungan dengan pemasok
perangkat keras dan perangkat lunak. Manufaktur berhubungan dengan pemasok
perusahaan dan serikat buruh. Pemasaran terutama bertanggung jawab untuk
berhubungan dengan pelanggan dan pesaing perusahaan. Semua area itu berhubungan
dengan pemerintah. Transaksi bisnis yang menggunakan akses jaringan, sistem
berbasis komputer, dan jaringan internet.
Manfaat perdagangan melalui jaringan
elektronik :
– Pelayanan
yang lebih baik bagi pelanggan
– Hubungan
antara pembeli dan pemasok tercipta dengan baik
– Pengembalian
atas investasi pemegang saham, dan pemilik yang meningkat
– Perusahaan-perusahaan
ikut serta dalam perdagangan melalui jaringan elektronik untuk mencapai
perbaikan di seluruh organisasi.
– Manfaat
berkontribusi pada stabilitas keuangan perusahaan dan memungkinkannya untuk
bersaing lebih baik dalam dunia bisnis yang semakin terikat untuk menggunakan
teknologi computer.
Kendala perdagangan melalui jaringan
elekronik
– Biaya
yang dikeluarkan sangat tinggi
– Masalah
keamanan kurang terjamin
– Banyak
perangkat lunak yang kurang memadai atau bahkan tidak tersedia
– Perusahaan
– perusahaan yang telah memiliki system terutama menggunakannya untuk transaksi
antara pengguna dengan pemasok
– serta
proses-proses utama yang berhubungan dengan pesanan pembelian,
transfer, serta faktur.
Jalan menuju perdagangan melalui jalur
elektronik
1.
Mengumpulkan intelijen bisnis
2.
System Antar Organisasi (IOS) dimana
didalamnya terdapat EDI
3.
Membuat metodologi yang tersedia mencakup
daur hidup system dan peranvangan ulang proses bisnis
4.
Menggunakan teknologi yang tersedia dengan
sambungan langsung, jaringan nilai tambah dan internet
Membentuk suatu sistem
antar-organisasi (IOS).Secara garis besar dapat digambarkan seperti ini Rencana
bisnis strategis untuk mewujudkan komitmen untuk menggunakan perdagangan
melalui jaringan elektronik untuk mencapai keunggulan strategis. Perusahaan
pertama-tama mengumpulkan intelijen bisnis sehingga dapat memahami peran
potensial yang akan dimainkan tiap elemen lingkungan. Saat perusahaan-perusahaan
saling berinteraksi, langkah selanjutnya adalah membentuk suatu system antar
organisasi (IOS) melalui pertukaran data elektronik (EDI) atau suatu ekstranet.
Ekstranet adalah suatu jenis khusus system internet yang menggunakan browser
halaman Web dan server web standar, seperti system internet tradisional, tetapi
sejumlah kecil entitas luar yang dipercaya diberikan akses ke data dan aplikasi
sensitive milik perusahaan. IOS dicapai dengan mengikuti siklus hidup system
atau melakukan rancang ulang proses bisnis (BPR). Hasilnya adlah system
berorientasi jaringan yang menggunakan sambungan langsung, jaringan bernilai
tambah, internet, atau kombinasinya.
Strategi Perdagangan Melalui Jaringan
Elektronik
Untuk tiap masalah, ada beberapa kemungkinan
solusi, dan situasi ini dapat diterapkan untuk permasalahan menentukan strategi
terbaik perdagangan melalui jaringan elektronik. Namun strategi yang paling
penting disebut adalah strategi yang elemen-elemennya dikaitkan dengan
transmisi data elektronik. Nama yang diberikan untuk strategi ini adalah
sistem antar organisasi (IOS). Istilah lain adalah EDI yang berarti
pertukaran data elektronik. Kedua istilah tersebut sering dipergunakan
bergantian, tetapi jika dibuat suatu pebedaan, EDI dianggap subset dari
IOS. Pertukaran data elektronik adalah suatu cara untuk mencapai sistem
antar-organisasi.
A. System antar organisasi
IOS (Interorganizational system),
disebut sistem informasi antar organisasi, adalah suatu kombinasi
perusahaan-perusahaan yang terkait sehingga mereka berfungsi sebagai suatu
sistem tunggal; yang bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama.
Perusahaan-perusahaan yang membentuk IOS disebut mitra dagang atau mitra
bisnis.
·
Manfaat IOS
Para mitra dagang ikut dalam IOS dengan
harapan memperoleh manfaat tertentu. Manfaat itu terbagi dalam dua
kategori – efisiensi komparatif dan kekuatan tawar menawar.
1.
Efisiensi Komparatif
Dengan bergabung dalam IOS, para mitra dagang
dapat menyediakan barang dan jasa mereka dengan biaya yang lebih murah daripada
pesaing. Perbaikan dalam efisiensi ini dapat berasal dari dalam dan
berkaitan dengan organisasi lain.
- Efisiensi internal
Terdiri dari perbaikan-perbaikan dalam
operasi perusahaan itu sendiri, sehingga memungkinkan perusahaan untuk
mengumpulkan data lebih cepat, menganalisisnya lebih cepat, dan membuat
keputusan lebih cepat.
- Efisiensi antar organisasi
Mencakup perbaikan-perbaikan yang diperoleh
melalui kerjasama dengan perusahaan lain. Perbaikan ini memungkinkan
perusahaan untuk menawarkan lebih banyak barang dan jasa, melayani lebih banyak
pelanggan, memindahkan pekerjaan tertentu ke pelosok atau pelanggan, serta
lebih mudah mengumpulkan data lingkungan.
2. Kekuatan tawar menawar
Kemampuan suatu perusahaan untuk
menyelesaikan perselisihan dengan pemasok dan pelanggannya yang menguntungkan
dirinya disebut kekuatan tawar menawar (bargaining power).
Kekuatan itu berasal dari 3 metode dasar
1. Keistimewaan produk yang
unik; pemesanan lebih mudah, pengiriman yang lebih cepat, waktu respon atas
permintaan informasi yang lebih cepat.
2. Penurunan biaya yang
berhubungan dengan pencarian; mengurangi biaya belanja dalam mencari
pemasok, dapat mengidentifikasi produk alternative dengan mendapatkan harga
yang terendah.
3. Peningkatan biaya peralihan;
perusahaan ingin jika pelanggan beralih ke pesaing maka biaya peralihannya
menjadi mahal. Ketergantungan produk satu dengan yang lainnya sangat tinggi.
B. Pertukaran Data Elektronik (EDI)
Pertukaran data elektronik (EDI) adalah
transmisi data dalam bentuk yang terstruktur dan dapat dibaca mesin secara
langsung dari komputer ke komputer diantara beberapa perusahaan.
Transmisi tersebut memungkinkan data ditransmisikan dan diterima tanpa
pengetikan ulang.
·
Hubungan EDI yang umum
Membentuk kaitan antara perusahaan dan
pemasoknya (supply side) dan kaitan antara perusahaan dengan pelanggan
(customer side)
Set transaksi adalah suatu jenis dokumen tertentu seperti faktur.
EDI memungkinkan terjadinya Pengisian Kembali Persediaan oleh Penjual dan Transfer Dana secara Elektronik.
Set transaksi adalah suatu jenis dokumen tertentu seperti faktur.
EDI memungkinkan terjadinya Pengisian Kembali Persediaan oleh Penjual dan Transfer Dana secara Elektronik.
·
Standar EDI
Standar yang digunakan di Amerika Utara
dinamakan ANSI ASC X12. Standar Internasional dinamakan EDIFACT.
·
Tingkat penerapan EDI
Tiga tingkat penggunaan yang berbeda, yaitu :
1. Pemakai tingkat satu, hanya satu atau dua
set transaksi yang ditransmisikan ke sejumlah mitra dagang yang terbatas.
2. Pemakai tingkat dua, banyak set transaksi
yang ditransmisikan ke sejumlah mitra dagang, melampaui lini industri.
3. Pemakai tingkat tiga, bukan Cuma banyak
set transaksi yang ditransmisikan ke banyak mitra dagang, tetapi aplikasi
computer perusahaan disesuaikan dengan pendekatan EDI.
Tujuan tingkat satu dan dua adalah mengubah dokumen kertas menjadi elektronik.
Pengaruh Penerapan EDI :
Tujuan tingkat satu dan dua adalah mengubah dokumen kertas menjadi elektronik.
Pengaruh Penerapan EDI :
– Tekanan
Pesaing
– Kekuasaan
yang dilaksanakan
– Kebutuhan
Intern
– Dukungan
manajemen puncak
·
Manfaat EDI.
Beberapa manfaat EDI langsung berasal dari
teknologi. Ini adalah manfaat langsung dari pengurangan
kesalahan, pengurangan biaya, dan peningkatan efisiensi operasional. Manfaat
lain di hasilkan oleh manfaat langsung. Ini adalah manfaat tidak
langsung dari peningkatan kemampuan bersaing, hubungan dengan mitra
dagang yang lebih baik, dan pelayanan pelanggan yang lebih baik.
C. Teknologi Perdagangan Melalui Jaringan
Elektronik
Pilihan Teknologi :
1) Sambungan
Langsung (direct connectivity), bekerja sama dengan penyedia jasa
telekomunikasi
2) Jaringan
Bernilai Tambah ( value-added network), jaringan ini disediakan oleh penjual
yang bukan hanya menyediakan sirkuit tetapi juga menyediakan banyak jasa yang
diperlukan untuk menggunakan sirkuit itu bagi EDI.
3) Internet,
memungkinkan suatu jaringan komunikasi global yang tidak hanya menghubungkan
para mitra dagang tetapi juga mencakup para pelanggan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar